Koda Kumi

Kumi Koda

 
 
Kumi Koda
倖田來未

Kumi Koda, Live Earth Concert
Latar belakang
Nama lahir Kōda Kumiko
神田 來未子
Nama lain Kūtan, Kū-chan
Asal Bendera Jepang Prefektur Kyoto, Jepang
Genre J-pop, R&B, Hip-hop, rock
Pekerjaan penyanyi, penulis lirik
Instrumen Menyanyi
Aktif 2000–sekarang
Label rhythm zone
Artis terkait misono
Exile
Fergie
Situs web http://www.rhythmzone.net/koda/

Kumi Koda (倖田 來未, Kōda Kumi?, lahir 13 November 1982) adalah penyanyi wanita beraliran pop dan R&B asal Jepang. Namanya mencuat ke permukaan setelah kesuksesan singel ke-7, “real Emotion / 1000 no Kotoba” yang dijadikan lagu tema Final Fantasy X-2.Nama aslinya adalah Kumiko Koda (神田 來未子, Kōda Kumiko?). Tinggi badan 154 cm. Media massa memuji penampilan dan gaya busananya sebagai “Ero kakko ii” (erotis dan bergaya). Kakak kandung dari misono, mantan vokalis wanita day after tomorrow.

Koda baru sukses besar setelah merilis singel ke-7 “real Emotion / 1000 no Kotoba”. Singel tersebut dipakai sebagai lagu tema permainan video Final Fantasy X-2 produksi Square (sekarang Square Enix). Singel “real Emotion / 1000 no Kotoba” langsung berada di urutan ke-3 tangga singel Oricon, dan laku 230 ribu keping. Walaupun demikian, penjualan singel ke-8 “Come With Me” dan ke-9 “Gentle Words” tidak sebaik singel sebelumnya. Singel ke-10 “Crazy 4 U” dijadikan lagu tema serial anime Gilgamesh, sedangkan singel berikutnya, “Love & Honey” menjadi lagu tema film Cutie Honey, dan masuk di urutan ke-4 tangga lagu Oricon.

Sejak akhir tahun 2004, Koda mulai tampil di berbagai acara musik di televisi. Album ke-4, secret langsung masuk urutan ke-3 tangga album Oricon, dan laku di atas setengah juta keping. Singel ke-16, “Butterfly” langsung menduduki tangga album Oricon di urutan ke-2. Kesuksesan “Butterfly” diikuti album kompilasi Best ~first things~ yang laku di atas 1 juta keping. Koda pernah berjanji akan menjadi “Mama” pemilik klab malam bila album tersebut laku 1 juta keping. Janji dipenuhinya dengan menjadi tuan rumah semalam di klub malam yang diberi nama “club Koda” di Ginza, Tokyo.

2006-sekarang

Sejak 7 Desember 2006 hingga 22 Februari 2006, Koda bekerja keras untuk merilis sebuah singel per minggu di setiap hari Rabu. Proyek tersebut bertujuan merilis 12 singel selama 12 minggu berturut-turut. Singel perdana dari proyek tersebut, “you” langsung menduduki puncak tangga singel Oricon setelah laku 72 ribu keping. Singel selanjutnya, “Birthday Eve” diproduksi terbatas sebanyak 50 ribu keping, dan begitu pula singel “D.D.D. feat. Soulhead”.

Pada 31 Desember 2006, singel “Butterfly” memenangi penghargaan Japan Record Award ke-47. Di malam yang sama, Koda Kumi juga tampil untuk pertama kalinya di acara malam tahun baru NHK, Kōhaku Uta Gassen. Awal tahun 2006, Koda menempatkan 3 lagu sekaligus di urutan Top 10 tangga lagu Oricon. Album kompilasi kedua, Best ~second session~ dirilis pada 8 Maret 2006, dan berisi lagu-lagu yang direkam selama proyek 12 singel 12 minggu, kecuali “Boys♥Girls” dan “Sweet Kiss”.

Bersamaan dengan singel “Koi no Tsubomi” dan “4 hot wave”, Koda mengumumkan buku kumpulan fotonya yang pertama berjudul Maroc. Setelah itu, album kompilasi ke-5 Black Cherry dirilisnya pada bulan Desember 2006.

Pada tanggal 16 Desember 2006, Koda menerima penghargaan Japan Yūsen Award ke-39 yang diselenggarakan stasiun radio berbayar USEN. Penghargaan Japan Record Award juga diterima Koda untuk kedua kalinya pada tanggal 30 Desember 2006.

 

 

http://

 

Leave a comment